Perbandingan Flash dan HTML5 pada Game

 

Bermain game online langsung di browser adalah salah satu kegiatan waktu luang yang sangat populer untuk dilakukan. Banyak orang melakukannya untuk alasan praktis, karena tidak perlu membeli permainan yang akan diinstal pada perangkat dan dapat dimainkan secara langsung pada aplikasi browser setiap kali diinginkan. Alasan lain adalah banyak game baru yang dirilis setiap hari oleh pengembang game di seluruh dunia, bukan sebagai konsol game yang hanya merilis beberapa waktu. Mungkin Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tidak pernah atau bahkan hobi game online permainan browser. Teknologi yang digunakan untuk bermain game telah berkembang dari waktu ke waktu dan perkembangan teknologi. Dua raja teknologi di game online ini adalah Flash dan HTML5. Apa bedanya?

Flash

Teknologi flash sangat populer di awal perkembangan Internet saat ini. Flash banyak digunakan untuk menampilkan halaman website interaktif dan game online. Teknologi ini memiliki tampilan yang sama pada semua perangkat, jadi jika Anda melihat konten Flash di komputer, kemudian ditampilkan pada perangkat mobile, bahkan tampilan akan terlihat sama persis.

YouTube adalah contoh dari sebuah situs web yang menggunakan teknologi Flash untuk menampilkan video di Internet. Demikian pula dengan game online, contoh permainan Flash yang Anda kenal tentu Angry Birds. Ya, permainan dengan banyak burung berwarna-warni dalam misi ini untuk menghancurkan babi hijau jahat yang mencuri telur mereka. Untuk melihat konten Flash atau bermain game flash pada aplikasi browser, Anda harus menginstal plug-in disebut Adobe Flash Player. Plug-in biasanya sudah terdapat beberapa aplikasi browser, atau Anda dapat men-download langsung di website resminya.

HTML5

HTML5 meningkat popularitasnya sejak keputusan Steve Jobs tidak mendukung Flash pada perangkat iOS dan ketika Youtube membuat transisi dari penggunaan asli teknologi Flash untuk menampilkan video ke HTML5 pada situs desktop.

HTML5 banyak digunakan untuk pemrograman saat ini oleh webmaster untuk membuat website. HTML5 menggunakan pendekatan yang berbeda dengan Flash dalam penerapannya. Untuk game, HTML5 mengirim API untuk menampilkan teknologi tertentu seperti WebGL dan Canvas. Selain dapat digunakan untuk bermain di web game online, HTML5 dapat digunakan untuk membuat konten yang sangat dinamis karena website statis sudah sangat tradisional dan jumlah pengunjung lebih tertarik dalam berinteraksi dengan sesuatu yang “hidup” dan representatif.

Unit WebGL merupakan salah satu teknologi memainkan game online yang menjadi lebih populer setiap hari. Teknologi ini memungkinkan untuk menampilkan konten menggunakan unit sebagai Javascript dengan menggunakan HTML5 dan WebGL render; karena menggunakan teknologi HTML5, permainan bisa dimainkan dengan teknologi ini dalam aplikasi browser. Game disajikan akan menggunakan kemampuan dari kartu video (VGA) yang terhubung ke laptop atau bahkan meningkatkan kualitas gambar dan kinerja. WebGL juga mampu menghasilkan kualitas grafis 3D yang dapat disandingkan dengan konsol game. Contoh dari game online dengan WebGL adalah Combat Reloaded, penembak 3D dengan fitur multiplayer.

Kesimpulan

Di atas dua teknologi tersebut, Flash dan HTML5 adalah teknologi yang dapat digunakan untuk membuat konten digital yang baik. Flash telah terputus begitu lama, sementara HTML5 adalah teknologi yang relatif baru dan juga memiliki potensi yang baik. Mereka berdua memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi jika Anda melihat kurangnya dukungan tambahan untuk perangkat mobile, di mana pengguna meningkat, kita dapat mengatakan HTML5 adalah teknologi yang lebih baik untuk dipilih dan dikembangkan.